Menggiurkanya Peluang Bisnis Kelapa Sawit

Siapa yang tidak tertarik untuk bergabung ke dalam bisnis kelapa sawit? Bisnis satu ini merupakan pendorong utama deforestasidi negara-negara yang memiliki suhu tropis seperti Indonesia dan negara tropis lainnya. Produksi minyak sawit global saat ini didominasi oleh negara Indonesia dan Malaysia. Kedua negara ini sama-sama mencapai sekitar 85 hingga 90 persen dari total produksi minyak sawit di dunia. Indonesia saat ini merupakan produsen dan eksportir terbesar minyak sawit di seluruh dunia. Bagaimana masih tidak tertarik menggeluti bisnis minyak sawit ini? ( baca: perkembangan industri perkebunan kelapa sawit di indonesia )

bisnis kelapa sawit
bisnis kelapa sawit


Keuntungan besar bisnis kelapa sawit


Tak dapat dipungkiri lagi bahwa bisnis kelapa sawit memberi peluang sangat besar karena sebagai kunci perekonomian negara. Beberapa industri milik Indonesia telah menunjukkan suatu pertumbuhan yang pesat sebagai industri kelapa sawit  selama 15 tahun terakhir ini sehingga pemerintah pun tak ingin melewati peluang yang baik satu ini. Pertumbuhan tersebut terlihat dalam jumlah produksi dan ekspor negara serta kuantitas wilayah perkebunan kelapa sawit. Didorong oleh meningkatnya permintaan global dan hasil yang lebih tinggi, budidaya kelapa sawit telah berkembang secara signifikan oleh petani dan konglomerat Indonesia. 

Negara-negara tujuan ekspor yang paling penting adalah Cina, India, Malaysia, Singapura dan Belanda. Pada tahun 2011 didirikannya Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing global minyak sawit Indonesia dan dibawah undang-undang lingkungan yang lebih ketat. Semua produsen minyak sawit Indonesia yang dipaksa untuk menerima sertifikasi ISPO. 

Bisnis kelapa sawit di Indonesia memang cukup menjanjikan. Jika dilakukan dalam jangka panjang, beberapa alasan yang dapat dipertimbangkan untuk terjun kedalam bisnis kelapa sawit besar ini:
  1. Margin keuntungan besar, sementara produk yang dihasilkan sangat sederhana
  2. Permintaan dari global yang besar dan terus meningkat
  3. Biaya minyak sawit mentah (CPO) di Indonesia adalah sangat rendah dari seluruh dunia.

Daftar Pebisnis Kelapa Sawit Tersukses

  1. Matua Sitorus : Pemilik wilmar international salah satu anak terkaya di malaysia, awal bergabung dengan bisnis kelapa sawit milik khuok khoon hong, wilmar juga sekarang merupakan kilang minyak terbesar di indonesia.
  2. Eka Tjipta Widjaja: Seorang imigran dari cina, pada masa remaja hanya menjual biskuit dengan gerobak di akhir tahun 1930an, sekarang dia telah membuat imperium minyak sawit terbesar di asia tenggara, ini termasuk perusahaan Golden Agri dan SMART.
  3. Anthony Salim: Ank bungsu Liem Sioe Liong yang adalah kerabat dari mantan presiden soeharto, Salim adalah pemegang usaha dari PT indofood sukses makmur dan sekarang memperluas usahanya dengan membangun perusahaan sawit indofood agri dan anak perusahaan salim IVOMAS PRATAMA.
  4. Aburizal Backrie: Salah satu pengusaha terkaya dan pimpinan salah satu partai politik di indonesia, kekayaanya mencapai $900juta atau sekitar 9 trilliun rupiah.
  5. Backtiar Karim : Perusahaan kelapa sawit miliknya mempunyai penyulingan terbesar kedua di indonesia, minyak kelapa sawit miliknya telah di eksport ke india dan menjadi importir terbesar di indonesia.
  6. Putera Sampoerna: Setelah menjual saham perusahaan rokok miliknya dengan mahar $5 miliar atau setara dengan Rp.45 trilliun rupiah, putera sampoerna menginvestasikan uang mereka di beberapa perusahaan salah satunya membangun bisnis sawit yang dinamakan Sampoerna Agro.

Menggiurkanya Peluang Bisnis Kelapa Sawit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: merry melindasari