5 Proses Pengolahan Minyak Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan tumbuhan yang memiliki ketinggian dengan rata-rata mencapai 24 meter, tumbuhan kelapa sawit ini mempunyai buah yang kecil-kecil berwarna merah kehitaman, daging dan kulit pada buah sawit mengandung minyak dimana kita memanfaatkannya untuk diproses menjadi minyak sawit, alat kosmetik, bahkan bahan bakar fosil. ( baca : berbagai manfaat minyak kelapa sawit ).

Pengolahan kelapa sawit


Mengolah kelapa sawit memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan adar dapat menghasilkan produk yang optimal. Bagi Anda yang tertarik terjun ke dalam bisnis kelapa sawit, berikut beberapa cara pengolahan kelapa sawit agar produksi Anda dapat memasuki ke dalam toko-toko dimana paa penggemar minyak bertemu.

Langkah Pengolahan Minyak Kelapa Sawit

  1. Shorting Process
    Pengolahan kelapa sawit yang pertama yaitu proses pernyortiran. Buah sawit yang diolah haruslah melewati proses penyortiran sebelum ke tahap selanjutnya. Hal ini melibatkan proses penilaian di mana buah yang baik maupun yang buruk dipisahkan, biasanya kriteria yang harus diteliti adalah seberapa besar tingkat kematangan buah sawit karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil terhadap minyak yang akan dipasarkan
  2. Sterilizing Process
    Selanjutnya pengolahan kelapa sawit adalah proses perebusan. Pada saat buah sawit direbus,tekanan suhu haruslah tinggi, proses seperti ini hampir mirip dengan kompor uap. Sterilisasi dilakukan bertujuan untuk menurunkan tingkat keasaman lemak bebas kemudian dan mengurangi kadar air sehingga memudahkan saat proses prmbrodolan pada thereser, dan melembutkan daging buah untuk pemisahan antara biji dengan buahnya.
  3. Thereser Process
    Pada proses ini buah sawit dipisahkan dari tandan sawit yang menggunakan mesin penebah karena jika menggunakan tenaga manusia (tangan) akan memerlukan waktu yang cukup lama sehingga tidak efisien dalam proses produksi di tahap ke tiga ini.
  4. Pressing Process
    Sawit yang telah diolah hingga tahap ke tiga akan melewati proses pressing. Proses ke empat ini merupakan proses init dimana minyak diambil dari buah kelapa dengan cara pengempaan dan pelumutan. Dalam setiap tahap harus benar-benar diteliti dengan baik karena jika tidak, minyak yang dihasilkan tidak akan optimal
  5. Clarification
    Setelah proses pengempaan minyak dari buah kelapa sawit, barulah didapat minyak kasar (Crude Palm Oil) dan denapan amas CPO. Selanjutnya akan lebih disempurnakan dengan proses seperti fraksinasi dan penyaringan. Proses penyaringan juga akan menghilangkan bau minyak sawit yang telah didapat. 

5 Proses Pengolahan Minyak Kelapa Sawit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: merry melindasari