Cara Memastikan Kualitas dari Cangkang Sawit

Membahas tentang kelapa sawit memang gak akan pernah ada ujungnya sob, sudah tahu kan kalau pohon kelapa sawit banyak banget manfaatnya yang bisa digunakan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Mulai dari buah sawit hingga cangkang sawit, banyak masyarakat yang jeli dengan pohon sawit ini sehingga mereka tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini. 


cangkang sawit



Kalian masih ingat kan pada tahun pada tahun 2011, Negara Sakura yaitu Jepang mengalami musibah terbesar Tsunami? Karena banyak kerusakan yang parah mengakibatkan banyaknya pembangkit tenaga listrik tidak lagi berfungsi, namun kita sendiri menyakiskan betapa cepatnya mereka membereskan masalah tersebut. Ternyata rahasianya adalah mereka menggunakan cangkang sawit yang bisa digunakan sebagai sumber alternatif pembangkit listrik yang malah lebih ramah daripada menggunakan nuklir bagi masyarakat.

Dan bukan hal baru kalau Indonesia telah dikenal mempunyai perkebunan kelapa sawit terbesar, sehingga pemerintah Jepang tergiur dengan apa yang negara kita miliki ini, mereka membeli cangkang sawit di Indonesia yang kemudian ternyata banyak banyak para perusahaan mengambil kesempatan baik ini dan mulai mengembangkan dan memanfaatkan cangkang sawit untuk diekspor ke negara-negara yang juga menggunakan cangkang sawit sebagai alternatif pembangkit listrik. Wilayah-wilayah Indonesia yang memasok cangkang sawit diantaranya yaitu di daerah Sumatera seperti Riau dan daerah kawasan Kalimantan lainnya. 

Baca juga: Menggiurkanya bisnis kelapa sawit

Kualitas Cangkang sawit.
Ternyata sob, cangkang sawit juga memiliki beberapa kategori kualitas yaitu ada yang baik dan ada yang tidak. Biasanya kualitas cangkang sawit yang baik itu tidak bersabut juga harus memiliki kulit yang tebal yang dipengaruhi dari cara pengolahan buah sawit pada saat diolah menjadi CPO.  


Berikut ada tiga cara yang harus kita lakukan sebelum cangkang sawit dikirim: 


Di bawa ke laboratorium
Namun sob, untuk pemeriksaan sangkang sawit sebelum dikirim sampel cangkang sawit harus dibawa ke laboratorium untuk diuji agar kita bisa tahu dan yakin apakah kulaitasnya sudah bagus ataupun belum.  

Stockpile
Kemudian Cangkang sawit yang telah teruji dan lulus di laboratorium harus dibawa ke stockpile, sob. Karena disini cangkang sawit akan diolah, dibersihkan dari kotoran batu, sabut, tanah dan material lainnya. 

Pengiriman
Setelah melewati stockpile barulah cangkang sawit bisa kita kirim ke negara-negara yang telah membeli cangkang sawit. 

Biar mengetahui kelapa sawit lebih jelas, sobat semua bisa kunjungi artikel-arikel lainnya disini dan boleh juga saling bertukar pendapat dengan memberi di kolom komentar.

Cara Memastikan Kualitas dari Cangkang Sawit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: merry melindasari